Rabu, 18 Juli 2012

Hargailah Dirimu Sebelum Menghargai Orang Lain



Menghargai adalah sebuah kata kerja, dimana kita tidak memandang sebelah mata terhadap orang lain, tidak memandang rendah. Tetapi adalah kondisi dimana kita berada pada posisi yang sama, tidak memandang status, jabatan..
Karena menghargai orang lain, bukanlah sebuah tugas melainkan sebuah kewajiban yang perlu dibiasakan. Tetapi terkadang sulit dilakukan setiap orang, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terkadang sikap saling menghargai berlaku bagi mereka yang dahulu menghargai kita, terkadang juga sikap saling menghargai timbul karena dorongan dari seseorang dengan tujuan tertentu. Termasuk dibagian manakah kita?? pastinya setiap orang punya opini dan pendapat sendiri-sendiri tentang arti dari saling menghargai.
Cara mudah belajar menghargai, bisa kita mulai dari menghargai diri kita sendiri. Terus, caranya gimana??


Menghargai Waktu
Dengan menyediakan waktu untuk diri kita sendiri akan membuat pikiran segar, selain itu dengan menyempatkan menutup mata 5 menit dan memfokuskan pikiran dapat membantu kita merasa lebih baik. Tapi, alangkah lebih baik jika kita bisa meluangkan lebih banyak waktu lagi untuk memfokuskan pikiran pada diri kita dan menata setiap kegiatan yang akan kita lakukan tiap harinya. Dengan cara ini hari-hari kita akan lebih tertata walaupun dengan beribu kegiatan...


Fokus pada hobi/kesukaan
Manusia memang tidak ada yang sempurna dan sudah diberi porsi masing-masing oleh Tuhan, oleh karena itu pasti memiliki kelemahan dan kelebihan. Tapi jangan merasa rendah diri terhadap orang lain yang lebih memiliki kemampuan di atas kita, karena dengan fokus kita pun bisa menjadi mereka bahkan bisa menjadi lebih dari mereka asalkan kita tetap rendah diri dan saling menghargai.

Jauhi dan buang pikiran negatif
Pikiran negatif timbul ketika kita dihadapkan dengan kondisi dimana kita sedang berada di lingkungan yang tidak kita kenal, seperti sekolah baru, teman baru, wilayah/tempat/lingkungan baru. Hendaklah segera kita menjauhi dan membuang pikiran-pikiran negatif kita, karena di sinilah sebenarnya diri kita diuji. Seberapa besarkah kita bisa menghargai orang?


Masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk menghargai diri kita juga orang lain, karena setiap pribadi telah diciptakan Tuhan dengan kemampuan otak yang berbeda-beda. Jadi, "tetaplah menjadi diri sendiri dan selalu menghargai orang lain dimanapun kita berada jika kita ingin dihargai". Salam sejahtera...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar